Wisata Alam Air Terjun Lengang Laiya Maros

Advertisement
Wisata Alam Air Terjun Lengang Laiya Maros - kali ini admin akan membahas mengenai wisata alam yang ada di kabupaten maros, namun akan memberatkan pembahasan ke wisata alam air terjun yang ada di Camba. Perlu diketahui sebelumnya, camba memiliki banyak air terjun dengan tingkat keindahan yang begitu memukau namun  masih sulit terjangkau oleh wisatawan. Disamping karena letaknya yang jauh dari pusat kota, juga karena akses untuk ketempat tersebut yang bisa dikatakan extrame.Di Camba kita mengenal beberapa air terjun  seperti air terjun lacolla,maddenge dan air terjun yang lainnya. Namun, air terjun yang kali ini admin paparkan tidak kalah indahnya dengan yang telah admin sebutkan sebelumnya.  Sebut saja namanya  Air Terjun Lengang Laiya yang terletak di Bontomanai, Desa Laiya, Kecamatan Cendrana Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.
Wisata Alam Air Terjun Lengang Laiya Maros
Air Terjun Lengang Laiya | Sumber Gambar : pasangmata.com

Air Terjun Lengang Laiya dinamakan demikan karena letaknya yang berada di Desa Laiya, yakni perkampungan yang terbentuk akibat pertemuan tempat persinggahan gerilya di zaman dahulu. Yang membuat air terjun ini lebih menarik adalah medan yang dilalui serta keindahan sepanjang jalan menuju air terjun tersebut. Jalan berbatu dibungkus dengan tanah liat, juga tanjakan-tanjakan serta tikukangan-tikungan tajam menambah daya berpetulang tempat tersebut. 

Tak mengherankan jika air terjun Lengang Laiya masih sulit terjamah.  Jika anda berkunjung ketempat ini anda akan mendapati suasana alam yang begitu kental, tidak jauh berbeda dengan nuansa malino, ditempat ini juga ada banyak pohon pinus. Yang oleh sebagian dari penduduk memanfaatkannya sabagai sumber pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan.  Untuk bisa sampai ketempat tersebut anda bisa menggunakan kendaraan beroda dua yang dapat langsung menemui air terjunnya tanpa perlu berjalan kaki, tetapi yah seperti  yang admin paparkan sebelumnya, anda harus betah terguncang-guncang akibat jalan yang rusak  dan kemungkinan yang paling buruk adalah jatuh berkali-kali. Eh, itumah pengalaman admin. Hihihi dan jika anda menggunakan kendaraan beroda empat, anda harus menguakan otot-otot kaki karena anda akan berjalan kurang lebih 2 kilo meter untuk bisa sampai di air terjun Laiya. Hehehe Semanga’! dan dan jangan pernah mengunjungi tempat ini pada musim penghujan, mengapa demikian? Karena akan semakin menyulitkan anda  karena tanah merah menjadi basah yang mengakibabkan jalanan  menjadi licin.
Wisata Alam Air Terjun Lengang Laiya Maros
Menimati Air Terjun Lengang Laiyya | Sumber Gambar : maumauta.wordpress.com

Air Terjun ini memiliki 2 tingkat. Yakni pada bagian atas air terjun. Dari spot tersebut kita dapat menyaksikan keindahan air terjunnya dari atas. Bebatuan yang tersebar tak beraturan dengan ukuran yang berbeda-beda namun indah. Lalu, bagian bawah, untuk bisa mencapai tempat tersebut kita perlu menuruni  bukit-bukit kecil dengan medan yang tak kalah extremenya. Salah injak sedikit adduh, mati kita. Hehe tidak, tidak, tidak semenyeramkan itu. Penasaran? Yah ayoo kesini dong. Eh lanjut, berhati-hatilah ketika menuruninya karena disamping medan yang extreme, tanahnya pun licin, bebatuannya tajam dan yah pokoknya berhati-hati.  Namun, perjuangan yang anda lakukan, tenaga yang terkuras juga emosi yang naik turun akan terbayar oleh sejuknya suasana dan juga indahnya air yang jatuh berbondong-bondong. Dan satu lagi, tidak dipungut biaya. Alias, gratis. Jika anda lelah akibat perjalanan yang menyita segalanya, anda bisa berendam, bermain-main air, berfoto selfie, juga makan diatas bebatuannya. Tetapi ingat sampahnya diamankan. Hehe
Wisata Alam Air Terjun Lengang Laiya Maros
Papan Penunjuk Arah Air Terjun Lengang Laiya | Sumber Gambar : google.com

Demikian Ulasan Aneka Wisata Nusantara mengenai Wisata Alam Air Terjun Lengang Laiya, ada banyak air terjun yang memiliki keidahan  dan panorama yang indah tetapi, tersembunyi dan sulit ditemukan. Dari pernyataan tersebut, kita dapat menarik kesimpulan bahwa untuk mencapai suatu keindahan kita harus melalui banyak rasa terlebih dahulu, butuh berjuang lebih dulu dan butuh kesabaran yang besar. Keindahan ibarat kebahagiaan , semakin sulit cobaan yang kita lalui maka akan semakin indah akhir yang akan kita dapatkan. Sekian, mari jaga alam kita dengan tidak membuang sampah disembarang tempat juga tidak mengambil dan merusak apa yang telah dimiliki oleh alam. Mari jadikan tangan-tangan jahil kita, menjadi tangan-tangan  asri. Akhir kata, Wassalamualikum Wr. Wb. 

0 Response to "Wisata Alam Air Terjun Lengang Laiya Maros"

Posting Komentar