Wisata Alam Air Terjun Merdeka Maros

Wisata Alam Air Terjun Merdeka Maros | Wisata Maros | Wisata Tompobulu | Wisata Air Terjun | Air Terjun Merdeka yang terletak di Dusun Masale, Desa Tompobulu, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

Wisata Alam Air Terjun Merdeka Maros - Kembali lagi membahas air terjun yang merupakan salah satu objek wisata andalan di kabupaten maros, mengapa karena titik air terjun di maros itu sangat banyak, baik yang telah terdata atau tersentuh, maupun yang belum terdata atau belum tersentuh. Seperti yang kita ketahui titik air terjun di maros ada di kecamatan bantimurung, kecamatan camba, kecamatan cenrana, kecamatan mallawa dan kecamatan tompobulu, dan mungkin di kecamatan lain di maros yang belum diketahui. Kali ini admin akan membahas air terjun yang bisa dikunjungi dengan modal sedikit alias low budget. Air terjun tersebut bernama Air Terjun Merdeka yang terletak di Dusun Masale, Desa Tompobulu, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

Air Terjun merdeka atau yang disebut masyarakat sekitar sebagai air terjun barettunge, bisa dibilang air terjun yang memiliki debit air kecil, ketinggiannya pun tidak seberapa hanya kurang lebih 4-6 meter ketinggiannya, namun yang menarik dari air terjun ini adalah panjangnya yang kira kira sampai 15 meter. Namun jika hujan turun maka debit air pun bertambah dan air akan menjadi keruh, akan tetapi jika cuaca bersahabat maka air akan jernih dan debit air stabil.
Wisata Alam Air Terjun Merdeka Maros
Air Terjun Merdeka Maros atau Air Terjun Barettunge
Pemandangan yang ditawarkan di air terjun merdeka sangat lah bagus, selain air terjun yang panjang, anda juga disuguhkan pemandangan desa, kemudian dari kejauhan nampak pemandangan gunung (karena lokasinya di tompobulu), lalu lapangan rumput yang lumayan bersih sehingga bisa anda gunakan sebagai tempat membangun tenda, agar bisa beristirahat sambil menikmati air terjun tersebut.

Air terjun merdeka bisa anda kunjungi secara gratis, anda hanya perlu mengeluarkan biaya perjalanan (bahan bakar kendaraan), dan juga bekal makanan, dan tentunya peralatan yang menunjang perjalanan seperti tenda, matras, flysheet, dan yang terpenting jangan lupakan kamera dan tongsis untuk mengabadikan momen perjalanana anda ke air terjun ini. 
Wisata Alam Air Terjun Merdeka Maros
Admin Aneka Wisata Nusantara di Air Terjun Merdeka

Namanya juga wisata gratis, jadi jangan heran jika anda tidak menemukan sedikitpun fasilitas publik yang dibangun pemerintah disini, namun tenang saja, karena lokasinya dekat dengan rumah warga jadi untuk membeli perlengkapan seperti cemilan dan air minum, anda bisa mendapatkan di kios-kios/warung yang ada tidak jauh dari lokasi camp air terjun merdeka.

Akhir pekan lalu admin berkesempatan mengunjungi air terjun merdeka bersama dengan salah satu komunitas kece yang ada di kabupaten maros, sebuat saja Jalan Jalan Seru Maros (instagram : @jjs_maros). Perjalanan yang kami lakukan kesimpulannya "SANGAT SERU".
Wisata Alam Air Terjun Merdeka Maros
Camp dan Makan Bersama Jalan Jalan Seru Maros di Lokasi Camp Air Terjun Merdeka

Dan hasil dari perjalanan tersebut saya bisa menyimpulkan rute yang akan membantu anda untuk menemukan air terjun merdeka yang keren ini.

Untuk menuju ke air terjun merdeka anda harus melakukan perjalanan ke kota maros terlebih dahulu, jika anda dari kota maros maupun dari kota makassar, anda harus pergi ke daerah batangase (pasar batangase maros), kemudian masuk ke arah pasar menuju ke daerah kostrad kariango hingga dapat minimarket alfamart carangki di pertigaan ujung jalan sebelah kanan.

Setelah mendapatkan minimarket alfamart, silahkan belok kanan dan terus, kira-kira kurang lebih 1 km kedepan anda akan mendapatkan jembatan, silahkan belok kiri lurus terus, jalurnya mungkin sangat panjang. diperjalanan anda akan melewati bendungan yang juga memiliki pemandangan yang cukup indah yaitu bendungan lekopancing. Dari bendungan silahkan terus saja sampai dapat papan dipinggi jalan sebelah kiri bertulisan arah menuju puskesmas tompobulu, dan silahkan belok kiri.

anda akan mendapatkan jembatan besar (jembatan pucak-masale), namun jika musim hujan sebaiknya anda berhati-hati dan siap kotor karena setelah jembatan akan banyak lumpur, maklum saja fasilitas jalan ini kemungkinan masih dalam tahap pengerjaan.

seetelah jembatan lurus terus hingga mentok kemudian belok kanan dan lurus saja hingga kurang lebih 3 Km, perhatikan sebelah kanan anda karena pintu masuk lokasi air terjun di tandai dengan dinding beton dengan pintu besi, silahkan masuk ke pintu besi tersebut. Akhinya anda sampai di lokasi untuk membangun camp agar dapat beristirahat. Dari lokasi camp ke air terjun mungkin jaraknya hanya kurang lebih 200 Meter, sebab dari lokasi camp suara air terjun sudah terdengar.
Wisata Alam Air Terjun Merdeka Maros
Lokasi Camp Sekitar Air Terjun Merdeka yang diambil Dari Kejauhan, Tampak tenda dari Teman-teman JJS Maros

Demikian Ulasan Aneka Wisata Nusantara mengenai Wisata Alam Air Terjun Merdeka Maros yang merupakan salah satu keindahan alam di butta salewangang maros, jangan lupa tetap jaga kebersihan tempat ini, karena kalau bukan kita siapa lagi. Selamat berpetualang para traveler, insya allah kalo jodoh kita bertemu dijalan sesama pejalan.

COMMENTS

BLOGGER: 3
Loading...
Name

Wisata Alam,48,Wisata Bahari,4,Wisata Bali,3,Wisata Bangka Belitung,2,Wisata Banten,1,Wisata Bendungan,1,Wisata Budaya,5,Wisata Danau,10,Wisata Dermaga,1,Wisata DKI Jakarta,2,Wisata Gorontalo,9,Wisata Gunung,7,Wisata Jambi,1,Wisata Jawa Barat,4,Wisata Jawa Tengah,1,Wisata Jawa Timur,6,Wisata Kalimantan Barat,1,Wisata Kalimantan Timur,1,Wisata Kuliner,9,Wisata Modern,1,Wisata Nangroe Aceh Darussalam,3,Wisata Nusa Tenggara Barat,4,Wisata Nusa Tenggara Timur,2,Wisata Pantai,18,Wisata Papua,2,Wisata Papua Barat,1,Wisata Pendidikan,1,Wisata Permandian,3,Wisata Pulau,19,Wisata Religi,12,Wisata Sejarah,12,Wisata Sulawesi Barat,3,Wisata Sulawesi Selatan,80,Wisata Sulawesi Tengah,3,Wisata Sulawesi Tenggara,6,Wisata Sulawesi Utara,8,Wisata Sumatera Utara,3,Wisata Taman,1,Wisata Telaga,1,Wisata Yogyakarta,5,
ltr
item
Aneka Wisata Nusantara: Wisata Alam Air Terjun Merdeka Maros
Wisata Alam Air Terjun Merdeka Maros
Wisata Alam Air Terjun Merdeka Maros | Wisata Maros | Wisata Tompobulu | Wisata Air Terjun | Air Terjun Merdeka yang terletak di Dusun Masale, Desa Tompobulu, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMtkLt1OxnS_ueZNR6ekZmeXK_GBv5xGFTHgDEGGeU64OBFtOkLvogha7sfsQ-MttIm7Ga4obQyTIJ6nGyu8IYGeql6pz7qQLBGPElqhNMllwcjwKw88gi-U1qHo4vUmzJYIExw4AsSpqE/s640/P_20170115_073009_1_p.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMtkLt1OxnS_ueZNR6ekZmeXK_GBv5xGFTHgDEGGeU64OBFtOkLvogha7sfsQ-MttIm7Ga4obQyTIJ6nGyu8IYGeql6pz7qQLBGPElqhNMllwcjwKw88gi-U1qHo4vUmzJYIExw4AsSpqE/s72-c/P_20170115_073009_1_p.jpg
Aneka Wisata Nusantara
https://anekawisatanusantara.blogspot.com/2017/01/wisata-alam-air-terjun-merdeka-maros.html
https://anekawisatanusantara.blogspot.com/
https://anekawisatanusantara.blogspot.com/
https://anekawisatanusantara.blogspot.com/2017/01/wisata-alam-air-terjun-merdeka-maros.html
true
1041212824677081597
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy