Wisata Gunung Latimojong Enrekang

Wisata Gunung Latimojong Enrekang | Gunung Latimojong terletak di Dusun Karangan, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Wisata Gunung, Gunung Latimojong, Wisata Mendaki

Wisata Gunung Latimojong Enrekang - Gunung Latimojong merupakan gunung tertinggi yang ada di Sulawesi Selatan, karena gunung ini memiliki ketinggian hingga 3.478 Mdpl, bukan hanya tertinggi di Sulawesi Selatan akan tetapi Gunung Latimojong masuk dalam daftar 7 Summit Indonesia, yang berarti gunung latimojong masuk dalam 7 puncak tertinggi yang ada di indonesia. Gunung Latimojong memiliki tujuh buah puncak yang terhampar dari utara hingga ke selatan, dan puncak-puncak tersebut memiliki namanya secara tersendiri yaitu Puncak Latimojong, Puncak Bajaja, Puncak Nenemori,Puncak Rante Mario, Puncak Rante Kambola, Puncak Sikolong, dan Puncak Sinaji. Dan yang paling sering didaki para pendaki yang ingin muncak yaitu puncak Rante Mario yang merupakan puncak tertinggi dari gunung latimojong. Gunung Latimojong terletak di Dusun Karangan, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.
Wisata Gunung Latimojong Enrekang

Gunung latimojong merupakan gunung yang meliputi 3 kabupaten/kota yang ada di sulawesi selatan yaitu Kabupaten Enrekang, Kota Palopo, dan Kabupaten Tana Toraja, namun hampir sebagian besar wilayah gunung ini berada di Kabupaten Enrekang. Kebanyakan para pendaki yang ingin mendaki ke gunung latimojong memilih jalur Desa Karangan di Kabupaten Enrekang sebagai jalur pendakian mereka.Ketika sampai di kaki gunung anda akan dimanjakan dengan pemandangann alam yang sangat indah,dan juga pemandangan budaya rumah panggung masyarakat sekitar membuat anda senang berada disini.

Untuk mendaki anda harus memilainya di dusun karangan, selanjutnya anda harus berbegas ke Pos 1 Gn.Latimojong yang bernama Pos Bunti Kaciling yang bisa anda tempuh dengan waktu 1-2 jam, diperjalanan anda akan melewati perkebunan kopi, perkebunan jagung, dan juga sungai untuk mengambil sumber air untuk di perjalanan. Tanda jika anda sampai ke Pos 1 ialah ketika anda menemukan lahan terbuka yang ukurannya kira kira 4 meter pesegi.

Selanjutnya anda akan menuju Pos 2 Gn.Latimojong dimana pos 2 ini bernama Pos Gua Sarung pakpak, yang bisa anda tempu dengan waktu 45 menit,dengan melewati medan yang naik turun melintasi bukit,dan lembah. Jika anda sampai pos 2 akan di tandai dengan adanya tempat yang berada dibawah tebing di pinggir sungai. tempat ini sering digunakan sebagai tempat menginap para pendaki.

Selanjutnya anda pergi ke Pos 3 Gn.Latimojong dimana pos ini bernama Pos Lantang nase, yang bisa anda tempuh dalam waktu 1 jam, dimana medannya sangat terjal,jika anda sudah mencapai pos 3 maka anda akan menemukan lahan kecil yang datar dan tidak mempunyai sumber air.

Selanjut anda akan melanjutkan perjalanan ke Pos 4 Gn.Latimojong dimana pos ini bernama pos Buntu Lebu, yang juga bisa ditempuh dalam waktu satu jam, dengan medan menanjak namun tidak terlalu terjal, pos 4 akan di tandai dengan ada lahan datar yang tidak terlalu luas namun ada sumber air, letaknya berada di kawasan hutan berlumut.
Wisata Gunung Latimojong Enrekang
Perjalanan selanjutnya yaitu ke Pos 5 Gn.Latimojong dimana pos ini bernama pos Soloh Tama, yang bisa ditempuh dengan waktu 1 jam 30 menit, melewati hutan lumut yang lebat, dimana jika anda sampai di pos 5 anda akan menemukan lahan datang yang lus untuk membuat camp , dan 200 meter dari tempat camp anda bisa mendapatkan sumber air.

Selanjutnya anda harus ke Pos 6 Gn.Latimojong, yang ditempuh dengan waktu satu jam dari pos 5 ,dimana anda akan menemukan percabangan 3 ketika menuju pos 6,jika kekiri anda akan bertemu sumber air, dan jika ingin ke pos 6 anda harus memilih jalur kanan dan melewati jalur yang terjal ditemani dengan udara yang sangat dingin. Jika anda sudah sampai di pos 6 anda akan menemukan lahan terbuka yang datar, dimana dari sini anda bisa melihat 7 puncak gunung latimojong.

Selanjutnya menuju Pos 7 Gn.Latimojong dimana pos ini bernama pos kolong buntu, yang bisa anda tempuh dengan waktu yang cukup lama yaitu 1 jam 30 menit. medannya melewati kawasan hutan lumut,dan cukup landai, pos 7 juga meruapakan tempat camp karena anda akan menemukan tempat terbuka, dan memiliki sumber air yang bisa ditemuukan di lembah sebelah kirinya dimana ada beberapa sungai kecil.
Wisata Gunung Latimojong Enrekang
Selanjutnya pendakian dilanjutkan ke Puncak tertinggi dari Gunung Latimojong yaitu Puncak Rante Mario dimana puncak yang meruapakn favorit para pendaki, di puncak anda akan melihat jalan lurus dan lapangan luas terbuka yang ditumbuhi dengan perdu, anda akan melihat jalur menuju puncak dengan sangat jelas. Anda akan membutuhkan waktu 15 menit lagi untuk benar benar sampai di Puncak Rante Mario. Dimana pada puncak anda akan melihat Tugu Tringulasi, dan melihat pemandangan alam sulawesi selatan dari puncak tertinggi yang ada di bumi sulawesi selatan ini.
Wisata Gunung Latimojong Enrekang

Untuk bisa pergi ke Gunung Latimojong anda harus melakukan perjalanan ke Kabupaten Enrekang dengan mengeluarkan biaya Rp.60.000 atau lebih tergantung penawaran anda, selanjutnya anda harus menuju dusun rantelemo dengan menggunakan mobil jeep, yang dibayar Rp.30.000/orang atau lebih, namun angkutan ini hanya tersedia pada hari senin dan kamis, selanjutnya dari dusun rantelemo anda harus berjalan kaki menuju dusun karangan yang ditempuh dengan waktu 1 jam 30 menit .Setelah sampai di dusun karangan anda siap-siap untuk mendaki ke Gunung Latimojong.

Jika anda ingin mendaki gunung latimojong sebaiknya anda sudah latihan dengan kondisi fisik yang memadai, selain itu anda juga harus menggunakan jaket untuk mengatasi dingin, jangan lupa bawa makanan yang banyak, dan juga peralatan yang cukup dan memadai.

Demikian Ulasan Aneka Wisata Nusantara mengenai Wisata Gunung Latimojong Enrekang , semoga memberikan anda pengetahuan tentang jalur pendakian menuju gununng latimojong. Jangan lupa bagikan cerita dan pengalaman anda di kolom komentar yang ada dibawah ini.Salam Lestari untuk kita semua dari ujung sabang, sampai ujung merauke.

COMMENTS

Name

Wisata Alam,48,Wisata Bahari,4,Wisata Bali,3,Wisata Bangka Belitung,2,Wisata Banten,1,Wisata Bendungan,1,Wisata Budaya,5,Wisata Danau,10,Wisata Dermaga,1,Wisata DKI Jakarta,2,Wisata Gorontalo,9,Wisata Gunung,7,Wisata Jambi,1,Wisata Jawa Barat,4,Wisata Jawa Tengah,1,Wisata Jawa Timur,6,Wisata Kalimantan Barat,1,Wisata Kalimantan Timur,1,Wisata Kuliner,9,Wisata Modern,1,Wisata Nangroe Aceh Darussalam,3,Wisata Nusa Tenggara Barat,4,Wisata Nusa Tenggara Timur,2,Wisata Pantai,18,Wisata Papua,2,Wisata Papua Barat,1,Wisata Pendidikan,1,Wisata Permandian,3,Wisata Pulau,19,Wisata Religi,12,Wisata Sejarah,12,Wisata Sulawesi Barat,3,Wisata Sulawesi Selatan,80,Wisata Sulawesi Tengah,3,Wisata Sulawesi Tenggara,6,Wisata Sulawesi Utara,8,Wisata Sumatera Utara,3,Wisata Taman,1,Wisata Telaga,1,Wisata Yogyakarta,5,
ltr
item
Aneka Wisata Nusantara: Wisata Gunung Latimojong Enrekang
Wisata Gunung Latimojong Enrekang
Wisata Gunung Latimojong Enrekang | Gunung Latimojong terletak di Dusun Karangan, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Wisata Gunung, Gunung Latimojong, Wisata Mendaki
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhl6gA3jjuwmeNe1Z3S2fHwB6dH9tUgNqZKhnNx60wNUwU9MJbPBw6RbKC9qTdGZuC3QWorxEp8BlqjNn7VtfovmBjsjvhbkicmp2YrGMXWsCGAbp5fFhpHe7S0o7CdEz__RRzknSbNQeus/s640/Gunung+Latimojong.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhl6gA3jjuwmeNe1Z3S2fHwB6dH9tUgNqZKhnNx60wNUwU9MJbPBw6RbKC9qTdGZuC3QWorxEp8BlqjNn7VtfovmBjsjvhbkicmp2YrGMXWsCGAbp5fFhpHe7S0o7CdEz__RRzknSbNQeus/s72-c/Gunung+Latimojong.jpg
Aneka Wisata Nusantara
https://anekawisatanusantara.blogspot.com/2015/05/wisata-gunung-latimojong-enrekang.html
https://anekawisatanusantara.blogspot.com/
https://anekawisatanusantara.blogspot.com/
https://anekawisatanusantara.blogspot.com/2015/05/wisata-gunung-latimojong-enrekang.html
true
1041212824677081597
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy