Wisata Sejarah Taman Prasejarah Leang-Leang Maros

Advertisement
Wisata Sejarah Taman Prasejarah Leang-Leang Maros -  Taman Prasejarah Leang - Leang adalah tempat wisata sejarah yang cukup menarik, karena di tempat wisata ini kita bisa menemukan banyak gua peninggalan arkeologi, dan juga kita bisa melihat kawasan karts yang sangat bagus. Nama Leang-Leang diambil dari Bahasa Makassar, Leang yang artinya dalam bahasa indonesia berarti Gua, dan Leang-leang artinya Gua-gua, mengapa demikian ? karena di kawasan wisata prasejarah ini sangat banyak gua-gua peninggalan arkeologi.

Taman Prasejarah Leang-Leang Maros berada di Kel. Kalabbirang, Kec. Bantimurung, Kab. Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. tempat ini bisa anda jumpai sebelum anda ke Kawasan Wisata Alam Bantimurung Maros (Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung), jarak leang-leang dari jalan poros kira-kira hanya beberapa kilometer, dan sangat mudah diakses karena jalurnya sudah diaspal dan infrastuktur kesinipun sudah sangat bagus, jadi anda tidak akan menyesal jika anda berwisata ketempat ini.
Wisata Sejarah Taman Prasejarah Leang-Leang Maros

Di Kawasan Taman Prasejarah Leang-Leang Maros , anda bisa menemukan gua-gua arkeologi seperti Gue Pettae dan Petta Kere, dimana di gua ini anda bisa menemukan Rock Painting atau dengan kata lain lukisan pada batu, namun ini bukan lukisan pada batu biasa akan tetapi di perkiran lukisan ini berusia 5000 tahun,dan menurut para arkeolog, kemungkin gua-gua tersebut telah dihuni sekitar tahun 8000 sebelum masehi.
Gue Pettae dan Petta Kere

Gambar-gambar yang ada dibatu goa tersebut berwarna merah maron, dan gambaran tersebutpun beraneka ragam, ada yang bergambar babi hutan, gambar manusia,gambar ikan dan juga gambar lainnya yang masih kurang jelas,tapi dapat dipastikan itu adalah gambar dari manusia purba, dimana gambar-gambar ini bisa di temui di hampir seluruh bagian gua. Dipercaya bahwa gambar-gambar itu terbentuk karena aktivitas keagaamaan orang-orang purba yang pernah tinggal di gua tersebut.
Rock Painting leang leang maros

Selain gambar-gambar yang ada di gua, pengunjung atau wisatawan juga bisa menemukan berbagai macam peralatan makan yang terbuat dari batu, kemudian banyak juga bekas makanan seperti tulang yang sudah sangat lama, selain itu benda-benda seperti kulit kerang yang sudah menempel satu sama lain karena lama, bisa dilihat dengan jelas di mulut gua.

Selain itu ada lagi yang sangat bagus di daerah ini yaitu banyak gua lain yang bisa ditemui di Taman Prasejarah Leang-Leang Maros diantaranya yaitu Leang Bulu Ballang dimana leang ini menyimpan gerabah, porselin dan molusca, dan lagi dinding-dinding di leang ini sangat terjal. Selanjutnya anda juga bisa menemukan Leang cabu yang bisa digunakan untuk latihan rock climbing. Selanjutnya adalah Leang Sampeang yang sangat untuk dibandingkan leang lainnya, karena di leang ini kita bisa mendapatkan gambar manusia berwarna hitam.
Leang Sampeang

Setelah sampai Leang-Leang ,sempatkanlah diri anda untuk mencari view yang menarik dan artistik di susunan batu karts yang tertata rapi, di daerah Leang-Leang ini, ketika view nya telah anda dapatkan , anda sebaiknya berfoto untuk mengabadikan kedatangan anda di Taman Prasejarah Leang-Leang ini.
Wisata Sejarah Taman Prasejarah Leang-Leang Maros

Demikian Ulasan kami mengenai Wisata Sejarah Taman Prasejarah Leang-Leang Maros , mungkin dari ulasan kami ini masih ada kekurangan, akan tetapi inilah yang dapat kami tuliskan untuk anda yang ingin berwisata kesini,jangan lupa mengajak kami dan juga jangan lupa menuliskan cerita anda tentang leang-leang di kotak komentar dibawah ini.

0 Response to "Wisata Sejarah Taman Prasejarah Leang-Leang Maros"

Posting Komentar