Wisata Sejarah Candi Panataran Blitar

Advertisement
Wisata Sejarah Candi Panataran Blitar - Candi Panataran merupakan sebuah Candi yang memiliki latar belakang agama hindu,dimana letak candi panataran  blitar ini berada di lereng barat daya gunung kelud, tepatnya di sebelah utara. Candi Panataran merupakan candi yang paling besar di daerah jawa timur, dimana kompleks dari candi panataran ini merupakan kompleks candi terluas yang ada di jawa timur. Banyak para wisatawan dari daerah maupun wisatawan mancanegara yang berkunjung ke blitar datang berkunjung ke candi pantaran, karena memang candi panataran yang berada di blitar merupakan obyek wisata sejarah ,obyek wisata budaya, dan obyek wisata religi yang sangat patut untuk di kunjungi. Wisata Sejarah Candi Panataran Blitar terletak di Desa Panataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.
Wisata Sejarah Candi Panataran Blitar

Candi Pantaran merupakan candi yang masuk dalam golongan monumen mati atau dalam bahas inggris di sebut dead monument, karena candi ini tidak terkait lagi dengan agama maupun kepercayaan yang ada di zaman sekarng ini. karena di tempat ini tidak ada lagi aktifitas keagamaan yang berjalan, dengan kata lain candi panataran tidak difungsikan lagi seperti pertama kali dibangun.

Candi Pantaran di pugar oleh pemerintah sejak pelita II, karena pemeritah ingin menjaga bangunan berserah ini dari kehancuran, kerusakan fatal dan kepunahan. Namun di pugarnya bangunan ini bukan berarti untuk menghidupkan kembali tradisi dan kegiatan yang biasa berjalan di candi pantaran blitar ini.
Wisata Sejarah Candi Panataran Blitar
Candi Panataran di katakan Kompleks percandian karena bangunan candi ini terdiri dari beberapa gugusan bangunan, hal itu di katakn oleh Dinas Purbakala pada tahun 1914-1915 nomor 2045 dan juga menurut catatatn Verbeek nomor 563.

Untuk bisa pergi ke Candi Panataran (Panataran Temple) anda harus melakukan perjalanan ke kota Blitar yang kemudian anda harus melakukan lagi perjalanan sejauh 12 Km dan menghabiskan waktu kurang lebih 30-45 menit menggunakan kendaraan pribadi maupun sewaan untuk bisa sampai di kompleks candi panataran.
Wisata Sejarah Candi Panataran Blitar

Demikian Ulasan Aneka Wisata Nusantara mengenai Wisata Sejarah Candi Panataran Blitar , semoga memberikan anda pengetahuan akan budaya, sejarah, dan religi yang sangat berhubungan erat dengan keberadaan dari candi panataran. Jangan lupa jika anda pernah berkunjung kesini sebaiknya memberikan komentar anda di kolom komentar yang ada dibawah ini,supaya pengalaman anda bisa dibagikan kepada pembaca lain. Jangan lupa jika anda berkunjung kesini sebaiknya ajak admin juga.

0 Response to "Wisata Sejarah Candi Panataran Blitar"

Posting Komentar