Wisata Budaya Upacara Adat Rambu Solo' Tana Toraja & Toraja Utara

Wisata Budaya Upacara Rambu Solo' Tana Toraja | Rambu Solo' Merupakan Upacara Untuk Orang Meninggal yang dilakukan oleh Seluruh Masyarakat Kabupaten Tana Toraja & Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia

Wisata Budaya Upacara Rambu Solo' Tana Toraja - Tana Toraja maupun Toraja Utara merupakan dua dari kabupaten yang memiliki keunikan budaya yang dirayakan secara turun temurun baik untuk kegiatan suka maupun untuk kegiatan duka. Namun kali ini admin akan membahas tentang upacara adat yang dilakukan untuk menghormati orang meninggal, dimana upacara rambu solo' ini dilaksanakan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Tana Toraja & Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

Upacara rambu solo’ merupakan upacara adat kematian dan tata cara penguburan masyarakatdi tanah toraja (Sulawesi Selatan). Upacara tersebut tergolong unik dan telah menjadi salah satu daya tarik wisata tersendiri bagi provinsi Sulawesi Selatan. Upacara ini sering diadakan ketika masa panen tiba, yaitu sekitar bulan Agustus – November.
Wisata Budaya Upacara Adat Rambu Solo' Tana Toraja & Toraja Utara
Upacara Adat Kematian Rambu Solo' | Sumber Gambar : indonesiakaya[dot]com

Upacara rambu solo’ diadakan oleh masyarakat tanah toraja karena mereka yakin bahwa seseorang dianggap benar-benar meninggal jika penguburan telah dilaksanakan. Selama upacara tersebut belum dilaksanakan, orang tersebut masih dianggap sakit dan ditempatkan disebelah selatan tongkonan (rumah adat di tanah toraja). Bahkan masih mendapat sajian makanan, minuman, mengenakan pakaian, tetap dalam posisi berdiri, dan tetap dikunjungi oleh keluarganya. Beberapa hari kemudian, jenazah tersebut diliit dengan selendang panjang dan wajahnya di hadapkan ke arah barat. 

Masyarakat tanh toraja memiliki kepercayaan bahwa orang yang meninggal dunia akan memasuki puya (alam kekal bagi arwah orang yang meninggal). Oleh karena itu, harus melewati tata cara yang disesuaikan dengan keduduka norang tersebut semasa hidup. Seperti halnya ngaben , upacara adat kematian di tanah toraja juga memerlukan biaya yang banyak. Sehingga keluarga yang akan menyelenggarakn upacara ini harus menabung, bahkan hingga bertahun-tahun lamanya.
Wisata Budaya Upacara Adat Rambu Solo' Tana Toraja & Toraja Utara
Keluarga Mengangkat Peti Jenazah di Rambu Solo'| Sumber Gambar : indonesiakaya[dot]com

Pelaksanaan upacara penguburan di tanah toraja dibagi menjadi dua bagian utama. Biasanya jarak antara kedua bagian ini berkisar satu minggu. Upacara tersebut di pimpin ole orang yang paling paham mengenai adat istiadat, khususnya tata cara penguburan yang disebut dengan toma balu. Jenazah di hadapkan ke utara dan kini ia telah dianggap telah benar-benar meninggal. Upacara pengubburan juga diikuti dengan penyembelihan hewan kurban berupa kerbau dan babi. Jumlah kerbau dan babi  yang akan di kurbankan bergantung pada tingkat kedudukan si mati di masyarakat. Keluarga si mati diharuskan berpuasa.

Upacara kedua disebut dengan mabolong. Ritual ini juga diadakan penyembelihan hewan kurban. Pada tahap upacara ini, jenasah d masukan ke dalam peti kayu bulat. Kayu yang digunakan adalah kayu cendana yang wangi, bagian atasnya diletakkan atap kecil seperti tomponan. Peti kayu tersebut diangkat bersama-sama dan di bawah ke tempat pemakaman yang sesungguhnya. Keluarga si mati harus menyiapkan tau-tau (patung yang sengaja di buat menyerupai seseorang yang mati tersebut) dan lakkian (menara persemayangan jenazah).

Upacara penguburan tersebut berlangsung dengan meriah,karena diiringi dengan nyanyian dan tari-tarian khas tana toraja yang bermacam-macam ragamnya. Selain itu,juga diadakan adu kerbau. Acara ini dapat berlangsung sehari penuh. Acara puncak tersebut ditandai dengan pembantaian (penyembelihan) hewan kurban berupa kerbau dan babi. Hewan-hewan tersebut harus mati dengan sekali ditebas dengan pedang pendek yang tajam. Oleh karenaitu, orang yang melakukan pembantaian ini harus memilki keahlian khusus.
Wisata Budaya Upacara Adat Rambu Solo' Tana Toraja & Toraja Utara
Hewan Kurban Untuk Upacara Rambu Solo' | Sumber Gambar : goodnewsfromindonesia[dot]id

Selanjutnya, jenazah diturunkan dari menara lakkian dan diangkat ke tempat penguburan. Tempat yang dimaksud adalah lubang yang dipahatkan pada dinding batu di lereng gunung yang terjal. Oleh karena itu, diperlukan tenaga dan keterampilan dalam mengangkat dan memasukan jenazah ke kuburan itu. Hanya dengan menggunakan tangga bambu yang sederhana, mereka harus memasukkanya ke kuburan. Posisi jenazah ketika diangkat adalah tetap berdiri.setelah itu jenazah diletakkan dalam posisi berdiri dan wajah menghadap pemandangan lembah yang indah. Setelah jenazah berhsil dimasukkan ke dalam kuburan, tau-tau diletakkan diatas tebing yang telah tersedia. Tempat itu berbentuk seperti balkon.
Wisata Budaya Upacara Adat Rambu Solo' Tana Toraja & Toraja Utara
Lakkian Tempat Peristirahatan Terakhir Jenazah | Sumber Gambar : gocelebes[dot]com

Demikian Ulasan Aneka Wisata Nusantara mengenai Wisata Budaya Upacara Adat Rambu Solo' Tana Toraja & Toraja Utara semoga mellaui tulisan ini kita lebih mengetahui tentang ragam kebudayaan indonesia khusus nya yang ada di sulawesi selatan. Jangan lupa berkunjung dan jalan-jalan kesini karena anda akan menemukan pengalaman yang tak terlupakan di sini.

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Name

Wisata Alam,48,Wisata Bahari,4,Wisata Bali,3,Wisata Bangka Belitung,2,Wisata Banten,1,Wisata Bendungan,1,Wisata Budaya,5,Wisata Danau,10,Wisata Dermaga,1,Wisata DKI Jakarta,2,Wisata Gorontalo,9,Wisata Gunung,7,Wisata Jambi,1,Wisata Jawa Barat,4,Wisata Jawa Tengah,1,Wisata Jawa Timur,6,Wisata Kalimantan Barat,1,Wisata Kalimantan Timur,1,Wisata Kuliner,9,Wisata Modern,1,Wisata Nangroe Aceh Darussalam,3,Wisata Nusa Tenggara Barat,4,Wisata Nusa Tenggara Timur,2,Wisata Pantai,18,Wisata Papua,2,Wisata Papua Barat,1,Wisata Pendidikan,1,Wisata Permandian,3,Wisata Pulau,19,Wisata Religi,12,Wisata Sejarah,12,Wisata Sulawesi Barat,3,Wisata Sulawesi Selatan,80,Wisata Sulawesi Tengah,3,Wisata Sulawesi Tenggara,6,Wisata Sulawesi Utara,8,Wisata Sumatera Utara,3,Wisata Taman,1,Wisata Telaga,1,Wisata Yogyakarta,5,
ltr
item
Aneka Wisata Nusantara: Wisata Budaya Upacara Adat Rambu Solo' Tana Toraja & Toraja Utara
Wisata Budaya Upacara Adat Rambu Solo' Tana Toraja & Toraja Utara
Wisata Budaya Upacara Rambu Solo' Tana Toraja | Rambu Solo' Merupakan Upacara Untuk Orang Meninggal yang dilakukan oleh Seluruh Masyarakat Kabupaten Tana Toraja & Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi9dX4k7ngTEJIcodevkGkyhYAPVc_XN8RXrMbPWWeKq7AkkPrrVytffiGvzd4bXdWwV2jcI-HuDR12Tj_T7uuB16QVoqRljAFiwbtz499_XjZu50Nc3ezpkRSRk3lMdO5gwltlT3IXfLmr/s640/upacara+rambu+solo+1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi9dX4k7ngTEJIcodevkGkyhYAPVc_XN8RXrMbPWWeKq7AkkPrrVytffiGvzd4bXdWwV2jcI-HuDR12Tj_T7uuB16QVoqRljAFiwbtz499_XjZu50Nc3ezpkRSRk3lMdO5gwltlT3IXfLmr/s72-c/upacara+rambu+solo+1.jpg
Aneka Wisata Nusantara
https://anekawisatanusantara.blogspot.com/2018/01/wisata-budaya-upacara-adat-rambu-solo.html
https://anekawisatanusantara.blogspot.com/
https://anekawisatanusantara.blogspot.com/
https://anekawisatanusantara.blogspot.com/2018/01/wisata-budaya-upacara-adat-rambu-solo.html
true
1041212824677081597
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy