Wisata Sejarah Candi Banyunibo Sleman

Advertisement
Wisata Sejarah Candi Banyunibo Sleman - Candi merupakan salah satu peninggalan sejarah yang sudah sangat lama, baik candi hindu maupun candi budha, karena candi-candi ini dibangun pada zaman kerajaan-kerjaan hindu budha berdiri di nusantara. Pada zaman sekarang candi sudah menjadi destinasi wisata yang banyak di kunjungi oleh berbagai kalangan dan berbagai kepentingan, baik untuk penelitian, sekedar berfoto maupun study tour untuk belajar dan mengerjakan tugas sekolah. Kali ini admin akan membahas mengenai salah satu candi peninggalan budha yang masih lestari hingga saat ini. Candi tersebut bernama candi banyunibo yang tidak kalah terkenal dengan candi borobudur. Wisata Sejarah Candi Banyunibo ini terletak di di selatan Desa Cepit, Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Wisata Sejarah Candi Banyunibo Sleman
Candi Banyunibo | Sumber Gambar : fajarindra.web.id

Candi banyunibo merupakan candi yang masih terawat hingga sekarang dan masih berdiri kuat dan kokoh di dataran luas yang dikelilingi oleh bukit-bukit yang indah. Menurut sejarah candi banyunibo ini di temukan pada tahun 1940 tepatnya pada bulan november, namun sangat disayangkan pada saat candi ini di temukan keadaannya sangat memprihatinkan, yaitu dalam keadaan rusak, namun pada tahun 1942 candi ini kembali di perbaiki agar tetap terlestarikan, dan pada tahun 1962 Candi banyunibo sudah banyak di datangi oleh wisatawan domestik maupun internasional, dan para wisatawan tersebut bertahan hingga sekarang.

Jika anda masuk ke dalam lokasi candi banyunibo , anda akan menemukan 6 buah candi, maka dari itu kawasan ini dikatakan sebagai kompleks percandian, dan untuk mencapai lokasi tersebut anda harus melewati jembatan kayu yang berukuran kecil, yang berada tepat di atas sebuah sungai. Keenam candi yang ada di banyunibo dikatan sebagai candi perwara atau candi pendamping, dimana bentuknya seperti stupa yang mengelilingi candi utama yaitu candi banyunibo. Candi perwara yang mengelilingi candi utama ini terbuat dari batu putih yang mengakibatkannya cepat sekali aus.
Wisata Sejarah Candi Banyunibo Sleman
Candi Banyunibo | Sumber Gambar : pengenliburan.com

Untuk bisa mencapai candi banyunibo sangatlah mudah, namun sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi ketimbang kendaraan umum, karena akses jalan ini masih sangat jarang di temui kendaraan umum. anda harus melakukan perjalanan ke Yogyakarta tentunya, kemudian anda harus kearah timur mengambil jalan Jogja-solo yang merupakan jalan menuju candi prambanan, setelah itu anda akan menemukan pertigaan lampu merah sebelum prambanan, kemudian pilih kanan menuju selatan. jalan terus saja sampai anda menumukan petunjuk jalan.Dari situ anda bisa bertanya atau menemukannya dengan mudah karena wisata ini sudah cukup terkenal di masyarakat sekitar.

Setelah anda sampai, anda bisa menikmati pemandangan yang di suguhkan di candi banyunibo ini,namun karena situs wisata ini sudah dikelolah oleh pemerintah setempat maka dari itu anda akan dikenakan biaya wajib untuk memasuki kawasan wisata ini, yaitu sebesar Rp.1000 - Rp.2000, dimana Rp.1000 untuk anak-anak, dan Rp.2000 untuk pengunjung dewasa. Satu informasi lagi jika anda ingin membaca sejarah dari candi banyunibo anda bisa membaca nya di papan informasi yang disediakan di dekat pintu masuk.
Wisata Sejarah Candi Banyunibo Sleman
Candi Banyunibo | Sumber Gambar : ragamtempatwisata.com

Demikian Ulasan Aneka Wisata Nusantara mengenai Wisata Sejarah Candi Banyunibo Sleman, dimana candi ini merupakan peninggalan sejarah bangsa kita, maka dari itu harganya tidak bisa di ukur dengan uang. Maka dari itu marilah kita bersama-sama menjaga keutuhan dan kelestarian salah satu warisan bangsa kita. Minimal dengan cara menjaga kebersihannya. Salam Lestari.

0 Response to "Wisata Sejarah Candi Banyunibo Sleman"

Posting Komentar