Wisata Pulau Liukang Loe Bulukumba

Advertisement
Wisata Pulau Liukang Loe Bulukumba - Siapa yang tidak kenal dengan Bulukumba, jika kita membicarakan tentang bulukumba pasti yang terlintas dalam pikiran kita yaitu pantai bira, bahasa konjo, kajang, apparalang dan keindahan alam lainnya yang lebih banyak berupa pantai, dan pulau. Kali ini admin aneka wisata nusantara akan membahas satu lagi keindahan alam bawah laut yang dimiliki indonesia, yang tak bisa di pungkiri bahwa indonesia memang memiliki surga bawah laut yang tidak kalah dari negara-negara lain di dunia. Kini satu lagu destinasi wisata pulau di bulukumba yang tidak kalah dari pulau kambing yaitu pulau lukang loe yang konon katanya tempat ini merupakan surga bagi para pecinta kegiatan snorkeling. Pulau Liukang Loe terletak di Depan Kawasan Pantai Bira, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.
Wisata Pulau Liukang Loe Bulukumba

Pulau Liukang Loe bukan hanya sekedar nama biasa, akan tetapi nama ini memiliki arti tersendiri, karena liukang loe merupakan bahasa yang berasal dari bahasa konjo (salah satu bahasa yang digunakan di kabupaten bulukumba) yang berarti Liu-Liukang berarti Kayu Hitam, dan Loe berarti banyak dan jika disatukan Liukang Loe berarti kayu hitam yang banyak. Nama ini bukan asal diberikan namun memang di pulau ini banyak terdapat kayu hitam, sama dengan namanya.

Pulau ini terkenal memiliki pasir putih yang bersih, halus dan lembut, pulau ini juga dikenal sebagai pulau batu karena pulau ini di tutupi gugusan batu karang yang pusatnya berada di tengah pulau. Tidak hanya itu seperti yang saya jelaskan di atas pulau ini adalah surganya para pecinta snorkeling karena pulau ini memiliki keindahan/pemandangan alam bawah laut yang sangat-sangat indah. jika anda tidak percaya sebaiknya anda langsung datang saja kesini dan menikmati keindahan alam bawah lautnya dengan kegiatan snorkeling.

Selain snorkeling di pulau ini terdapat dermaga yang sangat bagus untuk dijadikan spot berfoto, karena air lautnya yang tenang dan dermaganya yang sangat indah. Dermaga ini juga memiliki fungsi lain selain bersandarnya kapal-kapal, dermaga ini biasa digunakan sebagai tempat menjemur makanan oleh masyarakat sekitar.
Wisata Pulau Liukang Loe Bulukumba

Jika anda ingin bertemu dengan penyu-penyu besar secara langsung,anda bisa mendatangi rumah apung, yang menyediakan fasilitas bagi para wisatawan untuk bisa bercengkrama langsung dengan para pasukan penyu, dan hanya perlu membayar uang masuk sebesar Rp.5.000.
Wisata Pulau Liukang Loe Bulukumba

Setelah capek berpetualang,mengelilingi,bersnorkeling, dan bertemu penyu anda bisa langsung menikmati makanan yang disediakan di pulau ini tepatnya berada di pinggir pantai pulau, menunya sangat beragam namun tentunya lebih mengutamana hingan laut (seafood), anda bisa memesan paket makanan disini, biasanya berupa nasi,ikan baronang bakar,sup, dan air mineral gelas yang harganya lumayan mahal sih menurut saya yaitu Rp.40.000 namun karena dijual dikawasan yang strategis menurut saya ini harga yang cocok,

Jika anda ingin berkunjung ke pulau liukang loe anda harus datang ke kabupaten bulukumba, kemudian melanjutkan perjalanan anda ke kawasan wisata pantai bira, nah dari pantai bira anda bisa menyewa kapal untuk menyebrang ke pulau liukang loe, selain itu anda juga bisa menggunakan speedboot, yang membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 20 - 25 Menit. Harga sewa kapal ke pulau liukang loe itu kisaran Rp.400.000 - Rp.500.000 harga ini masih bisa berubah tergantung cara menawar dan kesepakatan anda dengan pemilik kapal.
Wisata Pulau Liukang Loe Bulukumba

Demikian Ulasan Aneka Wisata Nusantara mengenai Wisata Pulau Liukang Loe Bulukumba , dan jika anda kesini jangan pulau dulu sebelum membeli oleh-oleh khas masyarakat liukang loe yaitu sarung tenun bangkuru bira. Wisatawan mancanegara saja datang kesini dan memuji keindahan pulau ini, masa kita penduduk indonesia tidak berkunjung kesini. Jangan lupa tetap jaga kebersihan pulau ini dan mari promosikan wisata daerah teman-teman.

1 Response to "Wisata Pulau Liukang Loe Bulukumba"

  1. kreeen, tahun lalu saya kesana. penyu nya udah pada gede

    BalasHapus