Wisata Kuliner Kapurung Palopo

Advertisement
Wisata Kuliner Kapurung Palopo - Selain coto makassar dan sop saudara, kapurung juga sangat dikenal sebagai salah satu makanan khas dari sulawesi selatan, karena makanan ini sudah bisa ditemukan dimana saja meskipun bukan dari daerah asalnya. Namun apakah anda tahu dari mana asal dari makanan kapurung ini dan apa saja bahan yang digunakan untuk membuat makanan kapurung ini, Nah Kapurung Merupakan makanan khas dari Kota Palopo, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

Kapurung merupakan makanan khas palopo sebenarnya bukan hanya dari palopo saja ,namun makanan khas kapurung ini juga dikatakan berasal dari Luwu,dimana kalo kita telah menyebut luwu maka sudah termasuklah beberapa kabupaten/kota di dalamnya seperti Kabupaten Luwu, Kota Palopo, Kabupaten Luwu Utara, dan Kabupaten Luwu Timur.

Satu fakta unik mengenai kapurung, jika anda membelinya diluar luwu anda akan menemukan tulisan warung kapurung atau warung palopo, namun jika anda membeli di sekitaran luwu anda akan menemukan tulisan warung pugalu, karena nama lain dari kapurung yaitu pugalu. Saya tau nama lain ini dari teman saya yang tinggal/asli palopo.

Bahan Utama Resep Kapurung merupakan sagu atau dalam bahasa makassar "tawaro" ,sagu ini di bentuk menjadi bola-bola sagu kemudian dengan cara khusus dibuat dan dicampurkan air panas sehingga menjadi sagu matang yang berbentuk bulat-bulat. Jika anda ingin membuatnya dan mengetahui caranya lebih detil silahkan baca di google dengan keyword "Resep dan Cara Membuat Kapurung".
Wisata Kuliner Kapurung Palopo

Setelah tadi kita mebahas mengenai bola-bola sagu, nah kali ini kita membahas kuah yang menemani nya, kuah yang dimakan bersama bola sagu ini yaitu sayur-sayuran yang dicampur dengan kuah kaldu, selain itu anda bisa menambahkannya dengan seafood seperti udang, maupun ikan kering sehingga rasa kapurung lebih terasa nikmat untuk disantap dan akan membuat anda ingin makan lagi dan lagi.

Cara menyajikan kapurung ini, biasanya anda diberikan kapurung satu porsi di dalam mangkuk, kemudian diberikan lombok tumis/sambal tumis, kemudian juga diberikan bawang goreng dan jeruk nipis, silahkan anda gunakan sesuai dengan selera anda, agar makan anda lebih nyaman dan nikmat.

Harga Kapurung Yaitu Kisaran Rp.20.000 - 25.000/Mangkuk(Porsi)

Untuk menemukan makanan khas kapurung, atau makanan tradisional dari sulawesi selatan ini, anda akan dengan mudah menemukannya dimana saja, di palopo anda bisa mencari di warung pugalu, dan dimakassar anda bisa mencarinya di warung palopo. Biasanya warung warung ini  selain menyediakan kapurung mereka juga menyediakan makanan khas kota palopo lainnya, yang bisa anda pilih untuk di santap.

Demikian Ulasan Aneka Wisata Nusantara mengenai Wisata Kuliner Kapurung Palopo , Selamat menikmati makanan kapurung/pugalu yang merupakan makanan andalan dari luwu khususnya kota palopo, mungkin bagi anda yang dari luar sulawesi selatan akan merasa aneh jika pertama kali memakan ini namun jangan salah ini adalah makanan yang paling di andalankan di kota palopo, jadi anda wajib untuk mencobanya.

2 Responses to "Wisata Kuliner Kapurung Palopo"

  1. awalnya pas di ajak makan bola-bola sagu ... pas liat biasa biasa aja gk tertarik gtu..
    eh pas nyobain ternyata rasanya tidak mengecewakan.... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe kapan-kapan kalo mau makan lagi saya di traktir yah kak :D

      Hapus