Wisata Religi Masjid Tua Al Hilal (Masjid Katangka) Gowa

Advertisement
Wisata Religi Masjid Tua Al Hilal (Masjid Katangka) Gowa - Masjid Hilal atau yang lebih dikenal dengan sebutan mesjid katangka merupakan bersejarah yang sudah menjadi bagian dari sejarah peradaban agama islam di Indonesia. Bukan hanya itu mesjid katangka ini masuk dalam daftar 10 mesjid tertua di Indonesia dan menempati urutan ke sembilan, dan tentunya mesjid hilal (masjid katangka) merupakan mesjid tertua di provinsi sulawesi selatan. Mesjid katangka ini sudah ada sejak tahun 1603 yang umurnya kira kira sudah mencapai 4 abad. Bagi masyarakat gowa mesjid ini sudah menjadi suatu identitas bagi dan kebanggan bagi mereka, karena ini menandakan peradaban islam di tanah Gowa sudah sangat lama, dan ada sejak dulu, Masjid Al Hilal (Masjid Katangka) terletak di daerah Katangka Tepatnya Jl.Syekh Yusuf, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.
Wisata Religi Masjid Tua Al Hilal (Masjid Katangka) Gowa

Meskipun masjid al hilal sudah berdiri sejak lama, namun tak bisa dipungkiri bahwa mesjid ini terlihat masih sehat wal afiat atau dalam artian lain masih berdiri dengan kokoh. Mesjid ini juga cukup luas karena luas dari seluruh area masjid ini kurang lebih 174,24 Meter Persegi. Satu fakta penting lagi meskipun sekarang mesjid katangka sudah tampak tua dan kuno namun jangan salah, mesjid katangka merupakan mesjid yang paling mewah dan megah pada jamannya.
Wisata Religi Masjid Tua Al Hilal (Masjid Katangka) Gowa

Karena area dari masjid al hilal ini berada pada daerah benteng kalegowa,dimana benteng kalegowa pada jaman dulu merupakan salah satu benteng terkuat yang pernah ada di Kerajaan gowa. Karena mesjid ini berada di daerah tersebut itu berarti pada jaman dulu mesjid ini berada di dalam kawasan kerajaan tamalatea.

Yang membuat mesjid ini menjadi wisata religi maupun wisata sejarah karena keunikan dari mesjid ini pertama teletak pada dinding mesjid, dinding mesjid ini dibangun dengan bahan dasar yang sama dengan yang digunakan untuk membangun benteng kalegowa, yang kedua terletak pada atap masjid ini,dimana atap masjid bentuknya seperti piramida.yang ketiga di daerah ini anda juga bisa menemukan beberapa makam raja-raja gowa yang berada di sekitar masjid al hilal.keunikan yang kelima terletak di ujung atap mesjid dimana ada sebuah guci yang terpasang,namun sayangnya untuk sekarang sudah tidak bisa terlihat lagi karena telah rusak seiring dengan umunya yang telah tua.
Wisata Religi Masjid Tua Al Hilal (Masjid Katangka) Gowa

Arsitektur yang diusung oleh mesjid ini beberapa dari budaya sendiri dan beberapa juga tercampur oleh arsitektur asing arsitektur unik dari masjid ini yaitu gentengnya yang terbuat dari keramik berwarna merah yang asalnya dari belanda,dimana genteng ini dipesan khusus oleh Raja Gowa yang pertama yaitu Kumala Daeng Parani Karaeng Lembang Parang Sultan Abdul Kadir Aididdin Tumenang Ri Kakausanna. Mesjid ini memiliki sumber ilmu yaitu berupa catatan dari arab yang berisi ilmu tentang agama,namun sekarang telah rusak dimakan waktu dan beberapa rusak akibat perang antara Belanda dan Kerajaan Gowa.
Wisata Religi Masjid Tua Al Hilal (Masjid Katangka) Gowa

Untuk sampai ke mesjid ini tidaklah susah jika anda dari kota makassar jaraknya hanya 10 Km, ketika anda datang ke mesjid ini anda bisa melaksanakan sholat 5 waktu di mesjid ini, anda bisa siarah kubur raja-raja gowa, dan juga bisa mengabadikan moment dengan cara berfoto di area ini.

Demikian Ulasan Aneka Wisata Nusantara mengenai Wisata Religi Masjid Al Hilal (Masjid Katangka) Gowa , jangan lupa jaga kebersihan ketika datang ke tempat ini, dan juga jangan lupa selalu beribadah kepada Allah SWT, semoga tempat wisata ini mengejarkan kita kesadaran tentang pentingnya menjaga budaya dan peninggalan dari leluhur kita.

0 Response to "Wisata Religi Masjid Tua Al Hilal (Masjid Katangka) Gowa"

Posting Komentar