Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Advertisement
Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul - Merupakan air terjun yang yang letaknya berada di sebuah ngarai dari sungai oya, dimana disekitar air terjun ini anda akan dimanjakan dengan pemandangan persawahan yang tertata rapi dan berwarna hijau indah. Kelebihan air terjun ini yaitu air terjun ini akan terus mengalir meskipun musim kemarau, dan debit airnya pun akan tetap deras.

Air Terjun Sri Gethuk memiliki cerita sejarah sendiri, menurut ketua kelompok tani yang mengelolah tempat wisata ini, asal usul dari nama gethuk yaitu nama sebuah perangkat gamelan daerah jawa, bukan nama makanan tradisional yang terbuat dari ubi kayu (singkong). namun untuk lebih memudahkan disebut maka nama gethuk ditambah sri di awalannya, maka dari itu air terjun ini diberi nama air terjun sri gethuk. Air Terjun ini berada di  Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul,Provinsi Yogyakarta, Indonesia
Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Seperti yang saya jabarkan diatas mengenai asal usul dari nama air terjun ini, air terjun ini juga memiliki cerita mistis menurut masyarakat setempat. Konon katanya di sekitar lokasi air terjun terdapat sebuah kerajaan mistis atau kerajaan para lelembut (hantu/makhluk halus), yang biasanya muncul di waktu tertentu untuk memainkan alat musik gethuk ini,dan yang menyeramkan dari cerita ini ,katanya masyarakat desa bleberan mendengarkanya dengan sangat besar dan nyaring.

Air Terjun ini merupakan objek wisata pilihan di kabupaten gunung kidul, dan pastinya sangat di sayangkan jika anda lewatkan, karena air terjun ini memiliki keindahan yang jarang di temukan di air terjun lainnya, yaitu kesegaran dan bebatuan indah yang seakan membentuk suatu keindahan yang susah untuk dibahasakan. Selain air terjun anda akan menemukan sensasi segar dari sungai yang berada dekat air terjun ini, yang bernama sungai oya.
Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Untuk bisa mencapai air terjun ini anda harus melakukan perjalanan ke provinsi yogykarta,selanjutnya ke kabupaten gunung kidul yang jarakanya kurang lebih 45 Km dimana anda akan melewati arena terjal, dan mendaki untuk sampai ke daerah piyungan, setelah anda mendapatkan hutan negara di daerah bunder, dekat situ ada sebuah pertigaan gading dan anda harus belok kanan ke kecamatan palihan,kurang lebih jaraknya 2 Km, kemudian dapat pertigaan silahkan belok kanan lagi untuk ke air terjun sri gethuk, dimana sepanjang jalan anda akan menemukan papan penunjuk arah ke lokasi air terjun ini.
Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Jalan yang anda lewati mungkin tidak lah mudah, karena masih banyak jalan yang rusak dan kurang memadai, ada pula yang sudah teraspal, pokoknya jalan nya sangat beraneka ragam. Setelah itu anda akan sampai di lokasi parkir tempat anda menyimpan kendaraan anda.

untuk mencapai air terjun yang bisa menghilangkan penat anda bisa memilih 2 cara yang pertama anda bisa menuruni anak tangga yang ada disini, bentuknya lumayan bagus karena sudah di semen. Tangga ini akan mengarahkan anda ke dermaga yang ada di tepi sungai, dimana dari dermaga ini anda akan naik perahu modifikasi yang bernama perahu gethek dimana anda harus merogoh kocek kurang lebih Rp.8000 - Rp.10000 / orang untuk pulang balik perahu gethek dengan jalur dermaga dan air terjun. Cara kedua anda bisa berjalan kaki melewati pematang sawah yang jaraknya kurang lebih 1.5 Km.
Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Demikian ulasan Aneka Wisata Nusantara mengenai Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul , semoga tulisan ini bisa membantu anda para wistawan yang ingin berkunjung ke tempat ini agar anda semakin mudah untuk menemukannya, dan untuk anda yang telah berkunjung kesini jangan lupa berikan koreksi jika tulisan saya ada yang salah. Dan yang paling penting jangan lupa tinggalkan komentar di kolom komentar yang ada dibawah ini.

2 Responses to "Wisata Alam Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul"

  1. Segala puji bagi Allah, tempat ini ada di dekat saya hehe... Terima kasih telah berbagi informasi. Salam, pecinta wisata alam, juga ada info wisata di daerah Jogja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh lah, luar biasa jogja kapan kapan kalo saya kesana bisa diajak keliling yah mas :D

      Hapus