Wisata Gunung Rinjani Lombok

Advertisement
Wisata Gunung Rinjani Lombok –  Gunung Rinjani merupakan gunung menjadi favorit untuk di daki oleh banyak kalangan karena katanya gunung ini sangat indah. Gunung Rinjani namanya diambil dari bahasa jawa kuno, dimana Rinjani artinya Yang Agung.Jadi bisa dibilang Rinjani adalah Gunung Yang Agung. Menurut cerita dari suku Sasak, Gunung ini merupakan tempat tinggal putri Anjani, Putri dari dewa tertinggi Pulau Lombok. Gunung ini sudah di tetapkan sebagai Kawasan Taman Nasional oleh Menteri kehutanan pada tahun 1990, dengan luas yang mencapai kurang lebih 41.330 ha. Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi keenam yang ada di Indonesia dengan tinggi hinga 3.726 Mdpl. Gunung Rinjani merupakan gunung yang masuk dalam kawasan 3 kabupaten yang berbeda karena Gunung Rijani terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.
Wisata Gunung Rinjani Lombok
Gunung Rinjani akan didaki hingga ketinggian 3.728 Mdpl ,dimana ketika mendaki di ketinggian 2000 mdpl anda akan melihat pemandangan indah berupa Danau yang bernama Danau Segara Anak, dan indahnya di tengah danau tersebut ada Gunung Berapi yang bernama Gunung Berapi Barujadi yang masih aktif dan juga terdapat sumber mata air panas.
Wisata Gunung Rinjani Lombok
Jika anda mendaki ke rinjani hal itu merupakan pengalaman yang sangat berharga dan tak terlupakan karena keindahan,tantangan, dan keseruan mendaki anda dapatkan disini. Gunung Rinjani dikelilingi kurang lebih dari 20 desa, yang berarti bahwa untuk bisa sampai ke puncak rinjani pastinya memiliki banyak jalur untuk di lalui, namun beberapa saja yang merupakan jalur popular. Gunung Rinjani merupakan gunung yang memiliki banyak macam tumbuh-tumbuhan, hewan dan ada tanah lapang dan gunung rinjani juga merupakan hutan hujan tropis.

Untuk bisa pergi ke gunung rinjani anda bisa memilih satu dari sekian banyak jalur yang tersedia, yang paling popular ada tiga jalur, yang pertama  Anda melalui Jalur Sembalun yang dimulai dari kota Mataram menuju desa sembalum, Kabupaten Lombok Timur yang ditempuh dengan waktu 4-5 jam menggunakan kendaraan umum, kemudian dari sembalum langsung ke puncak rinjani dengan waktu tempuh 7 jam jalan kaki. Yang kedua merupakan jalur Senaru yang dimulai dari kota mataram ke desa senaru,kecamatan bayan, kabupaten Lombok barak yang ditempuh dengan waktu 3–4 jam menggunakan kendaraan umum dari senaru anda langsung ke puncak rinjani yang ditempuh dengan waktu 9-10 jam dengan jalan kaki. Jalur Ketiga yaitu jalur Torean, yang dimulai dari Kota Mataram menuju Desa Torean, kecamatan bayan, kabupaten Lombok barat yang ditempuh 4-5 jam menggunakan kendaraan umum, dari torean langsung ke pun cak rinjani dengan berjalan kaki 8-9 jam.
Wisata Gunung Rinjani Lombok
Demikian Ulasan Aneka Wisata Nusantara mengenai Wisata Gunung Rinjani Lombok, semoga memberikan anda referensi untuk mendaki ke puncak gunung rinjani yang saat ini sudah menjadi taman nasional, yang artinya masih banyak lagi keindahan alam yang bisa anda dapatkan di puncak rinjani selain melihat dunia dari puncaknya. Jangan lupa bagikan pengalam dan cerita pengalam anda ke puncak rinjani di kolom komentar yang ada dibawah ini.

0 Response to "Wisata Gunung Rinjani Lombok"

Posting Komentar