Wisata Alam Rammang-Rammang Maros

Advertisement
Wisata Alam Rammang-Rammang Maros - Rammang-rammang adalah kawasan wisata yang menyediakan pemandangan yang sangat indah dan penuh dengan eksotika. Rammang-rammang adalah kata yang berasal dari Bahasa Makassar yang memiliki arti awan atau kabut. Mengapa di namakan demikian karena menurut warga sekitar kawasan rammang-rammang adalah kawasan yang sering diselimuti kabut pada pagi hari maupun pada saat hujan turun.

Rammang-Rammang merupakan tempat wisata yang terletak di Gugusan Kawasan Karts Maros Pangkep (KKMP), yang lebih tepatnya ada di desa Salenrang,Kecamatan Bontoa,Kabupaten Maros,Provinsi Sulawesi Selatan. Untuk Sampai ke Kawasan Wisata Rammang-Rammang anda perlu datang ke kota maros, selanjutnya anda bisa kesini dengan menggunakan 2 jalur, dimana jalur pertama para wisatawan bisa melawati jalur bosowa, dan jalur kedua para wisatawan bisa melewati jalur sungai pute dengan menggunakan perahu.

Jika menggunakan jalur pertama anda hanya akan melihat kawasan pengunungan karts, akan tetapi jika anda menggunakan jalur kedua anda akan bisa merasakan Pemandangan Sungai Pute yang sangat bagus diatas perahu/sampan, tetapi jalur kedua ini anda harus merogoh kocek sebesar Rp.200.000 untuk membayar sewa perahu/katinting pulang-pergi dan perahu/katinting ini hanya muat untuk 5 orang saja.Perahu/Katinting bisa ditumpangi di Dermaga Rammang-Rammang.

Pemandangan Sungai Pute

Mungkin para pembaca,bertanya kenapa kita harus ke Rammang-Rammang, jawabannya mungkin akan panjang karena ketika kita ke Rammang-rammang kita akan bisa merasakan nikmatanya wisata alam, karena disini kita di suguhkan pemandangan yang sangat indah karena anda akan melihat Taman Batu Kapur Rammang-Rammang , yang merupakan taman batu Kapur terbesar ketiga di dunia.
Taman Batu Kapur Rammang-Rammang


Selain Taman Batu Kapur , kita juga bisa menikmati peson dari Telaga Taman Bidadari , dimana telaga bidadari ini masih kurang diketahui tempatnya dengan kata lain masih langkah untuk ditemukan, namun untuk menemukannya anda harus berjalan kaki melewati bebatuan kapur, karena tempat dari telaga bidadari ini ada di tengah-tengah pegunungan kapur, objek wisata ini bisa dibilang objek wisata yang ekstrim untuk di temukan, air dari telaga bidadari adalah air yang berasal dari celah batu kapur,sehingga airnya adalah air tawar.
Telaga Taman Bidadari


Bukan cuma 2 objek wisata itu saja,akan tetapi anda bisa menjumpai Gua Bulu'Barakka yang tempatnya tidak jauh dari kawasan Hutan taman batu kapur rammang-rammang, dalam bahasa bugis Bulu artinya Gunung, barakka artinya Berkah dari yang maha kuasa di gua bulu'barakka kita bisa menemukan arkeologi berupa cap tangan yang di percaya merupakan cap tangan dari manusia purba yang hidup kurang lebih beribu tahun yang lalu.
Gua Bulu'Barakka


Hampir sama dengan gua bulu'barakka kali ini ada yang namanya Gua Telapak Tangan , dimana di gua ini terletak satu jalur dengan telaga bidadari mungkin kurang lebih 2km berjalan kaki, dan tentu saja masih dalam kawasan wisata rammang-rammang, di gua telapak tangan ada juga peninggalan arkeologi dimana digua ini anda bisa menemukan telapak tangan manusia purba, gambar binatang yang dibuat manusia purba ,gambar perahu yang dibuat manusia purba dan juga telaga di dalam gua.
Gua Telapak Tangan

Masih dalam kategori Gua , ini merupakan gua yang ketiga yaitu Gua Pasaung,dimana Gua pasaung ini adalah gua yang ada di Desa Berua. Gua ini diberi nama pasaung yang dalam bahasa bugis artinya sabung, karena gua ini dulunya digunakan sebagai tempat untuk melakukan tradisi atau hiburan untuk warga setempat,dimana hiburan tersebut beruapa sabung ayam.


Selanjutnya kita bisa menjumpai desa yang terdekat yaitu Kampung Berua, dimana desa ini adalah desa yang ditemui ketika kita menggunakan jalur kedua yaitu menyisiri sungai pute menggunakan perahu/sampan atau biasa disebut dengan katinting. Di kampung berua anda bisa menemukan pemandangan sawah hijau yang sangat luar, dan lagi kita bisa menemukan pantulan pemandangan cermin yang sangat eksotis dan langkah.
Kampung Berua


Demikian sedikit penggembaran mengenai Wisata Alam Rammang-Rammang Maros yang penuh dengan objek wisata yang sangat memukai yang hanya untuk pembaca Aneka Wisata Nusantara , jadi tunggu apalagi #AyoKeMaros . Sedikit tambahan informasi ketika anda ke Rammang-Rammang jangan takut untuk tersesat karena disana ada Guider untuk setiap objek wisata, dimana guider ini berasal dari masyrakat sekitar yang jasanya akan anda bayar.
Aneka Wisata Nusantara,

3 Responses to "Wisata Alam Rammang-Rammang Maros"

  1. tawwaaa kerenn memang rammang rammang dih.. cmn blm sempat k sni (y) hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ada kesempatan datang aja gan.... jangan lupa foto foto dan ajak saya :D hehehe

      Hapus
  2. seperti copas tulisanku dan fotonya dari blog ku, cuma diedit edit ji sedikit kata-katanya...
    anyway.... blogger yang beretika adalah blogger yg menyertakan sumber tulisannya...
    tabe' di....

    BalasHapus